Page 13 - Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah
P. 13
1) Media realita adalah benda nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan
di ruang kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke objek. Kelebihan
dari media realita ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata
kepada siswa. Misalkan untuk mempelajari keanekaragaman makhluk
hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan organ tanaman.
2) Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan
representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya.
Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai
pengganti realita. Misalnya saja untuk mempelajari sistem gerak,
pencernaan, pernapasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf
pada hewan.
3) Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui
simbol-simbol visual. Fungsi dari media grafis adalah menarik
perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu
fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui
penjelasan verbal. Jenis-jenis media grafis adalah sebagai berikut.
a) Gambar atau foto, adalah media yang paling umum digunakan.
b) Sketsa, adalah gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan
bagian pokok tanpa detail. Dengan sketsa dapat menarik perhatian
siswa, menghindarkan verbalisme, dan memperjelas pesan.
c) Diagram atau skema, adalah gambar sederhana yang menggunakan
garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari objek tertentu
secara garis besar. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan
dari sel samapai organisme.
d) Bagan atau chart. Menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga
lebih mudah dicerna siswa. Selain itu bagan mampu memberikan
ringkasan butir-butir penting dari penyajian. Dalam bagan sering
dijumpai bentuk grafis lain, seperti gambar, diagram, kartun, atau
lambang verbal.
e) Grafik, adalah gambar sederhana yang menggunakan garis, titik,
simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data
kuantitatif. Misal untuk mempelajari pertumbuhan.
Bab 1 Pengenalan terhadap Media Pembelajaran Visual 7