Page 13 - Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah
P. 13

1)  Media realita adalah benda nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan

                           di ruang kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke objek. Kelebihan
                           dari  media  realita  ini  adalah  dapat  memberikan  pengalaman  nyata

                           kepada siswa. Misalkan untuk mempelajari keanekaragaman makhluk

                           hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan organ tanaman.
                      2)  Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan

                           representasi  atau  pengganti  dari  benda  yang  sesungguhnya.
                           Penggunaan  model  untuk  mengatasi  kendala  tertentu  sebagai

                           pengganti  realita.  Misalnya  saja  untuk  mempelajari  sistem  gerak,

                           pencernaan, pernapasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf
                           pada hewan.

                      3)  Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui
                           simbol-simbol  visual.  Fungsi  dari  media  grafis  adalah  menarik

                           perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu

                           fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui
                           penjelasan verbal. Jenis-jenis media grafis adalah sebagai berikut.

                           a)   Gambar atau foto, adalah media yang paling umum digunakan.

                           b)   Sketsa, adalah gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan
                               bagian pokok tanpa detail. Dengan sketsa dapat menarik perhatian

                               siswa, menghindarkan verbalisme, dan memperjelas pesan.

                           c)   Diagram atau skema, adalah gambar sederhana yang menggunakan
                               garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari objek tertentu

                               secara garis besar. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan
                               dari sel samapai organisme.

                           d)   Bagan atau chart. Menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga

                               lebih mudah dicerna siswa. Selain itu bagan mampu memberikan
                               ringkasan butir-butir penting dari penyajian. Dalam bagan sering

                               dijumpai bentuk grafis lain, seperti gambar, diagram, kartun, atau
                               lambang verbal.

                           e)   Grafik, adalah gambar sederhana yang menggunakan garis, titik,

                               simbol  verbal  atau  bentuk  tertentu  yang  menggambarkan  data
                               kuantitatif. Misal untuk mempelajari pertumbuhan.






                                                              Bab 1 Pengenalan terhadap Media Pembelajaran Visual  7
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18