Page 64 - Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah
P. 64
c. Segmen 2 (Anak melihat lingkungannya yang berubah rusak atau mulai
mengalami tekanan–intervensi dari orang luar atau kendala lingkungan
yang memaksa ia/keluarganya melakukan sesuatu).
d. Segmen 3 (Sisi pandang orang lain–contoh: para Investor yang melihat
daerah lokasi sebagai tempat menuai uang (tempat yang cocok untuk
dieksploitasi). Sisi pandang orang-orang yang melakukan kesalahan
(perusakan lingkungan), karena alasan ekonomi dan sebagainya.
e. Segmen 4: Penjelasan para Ahli dan Animasi data. Dapat juga dimasukkan
komparasi data historis terhadap lingkungan yang sama atau kejadian
yang berbeda di waktu yang berbeda (komparasi data NEWS, data riset,
dan sebagainya.)
f. Segmen 5: Sang Anak menemukan sebuah jawaban atau sebuah
pertanyaan terhadap kondisi lingkungannya yang semakin rusak.
Eksplorasi kesedihan/dramatika subjek terhadap keadaan bencana/
kerusakan lingkungan.
Rancangan Cerita per Episode
Episode Anak Petani Sayuran – Dieng – Wonosobo
Teaser: Kerusakan lingkungan dataran tinggi Dieng Wonosobo. Aspek
budaya dan ekonomi. Mengerucut pada persoalan keluarga seorang petani
penggarap lahan kentang yang memiliki anak yang membantu ayah ibunya
sepulang sekolah.
Segmen 1: Subjek anak adalah anak yang rajin membantu ayahnya untuk
bertani dan menanam sayuran.
Segmen 2: Subjek anak melihat kesulitan orang tuanya dalam hal ekonomi. Ia
melihat sang Ayah terjerat hutang kepada para pemodal/investor/tengkulak
yang memberinya pinjaman uang untuk modal usaha.
Segmen 3: POV para investor yang melihat dataran tinggi dieng sebagai lahan
yang bagus untuk investasi pertanian. POV pemerintah daerah yang melihat
daerah tersebut sebagai daerah subur dan pertanian yang menjanjikan. POV
para petani yang merasa tidak memiliki pilihan dan terdesak kebutuhan
ekonomi.
58 Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah