Page 5 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 5
Kata Pengantar
Menurut pengalaman seseorang yang pernah belajar di Australia, guru sastra di Australia sering
mengajak muridnya ke luar kelas untuk pembelajaran bersastra. Hasilnya, para siswa di Negeri Kanguru itu
sangat menikmati pembelajaran sastra. Begitu juga pembelajaran lainnya yang perlu bersentuhan langsung
dengan alam. Pembelajaran anatomi tubuh kodok dengan membedah seekor kodok, lebih menarik dan
menghasilkan pengalaman empiris yang melekat dibanding penjelasan guru yang panjang-lebar dengan
media gambar kodok.
Paradigma baru pembelajaran di sekolah seharusnya memberi ruang yang seluas-luasnya kepada
peserta didik untuk berekspresi seperti kita mendapatkan itu pada masa kanak-kanak. Hakikat pembelajaran
akan mudah terpenuhi dengan mengubah paradigma lama yang kaku-tekstual menuju fleksibel-kontekstual
sesuai kebutuhan peserta didik. Semua itu dapat dicapai dengan penyusunan RPP–rencana pembelajaran
yang kaya dengan media, strategi, dan model pembelajaran yang menyenangkan.
Dalam buku Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk ini akan membahas salah satu
paradigma baru dalam pembelajaran, yaitu pembelajaran yang berorientasi pada kecerdasan majemuk.
Semoga buku ini dapat membawa banyak manfaat bagi para pembacanya.
Jakarta, 2018
Penulis
Kata Pengantar v