Page 65 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 65

2.   Ajarkan  berbagai  kecerdasan  yang  memungkinkan  anak  dapat  tumbuh  optimal  dengan  semua
                   kecerdasannya. Dengan demikian kecerdasan atau bakat yang tersembunyi dapat tergali dan dapat
                   digarap lebih optimal. Bagi anak yang sudah memiliki beberapa kecerdasan tertentu yang tinggi perlu
                   lebih dioptimalkan dengan cara terus mengasah dan melatihkan kecerdasan-kecerdasan tersebut agar
                   semakin piawai dan berprestasi di bidangnya. Sementara beberapa kecerdasan yang lain tetap harus
                   dikembangkan tanpa harus mematikan kecerdasan atau memforsir kecerdasan yang telah mereka
                   miliki sebelumnya.

               3.   Sediakan fasilitas yang mendukung. Hampir semua kecerdasan dapat berkembang secara optimal
                   jika dilakukan latihan. Oleh karena itu, faktor dukungan dan fasilitas akan sangat menentukan. Anak
                   yang sangat baik kecerdasan linguistiknya mungkin akan menjadi tumpul manakala tidak ada tersedia
                   sarana yang cukup untuk membaca, bercerita, ataupun menyampaikan pesan-pesan kepada orang
                   lain.  Demikian  pula  mungkin  anak  yang  sebenarnya  tidak  begitu  tinggi  kecerdasan  linguistiknya,
                   namun karena tersedia dukungan fasilitas seperti buku-buku, sering diajak untuk diskusi, wawancara
                   bercerita  dengan  baik,  sangat  mungkin  mereka  akan  tumbuh  optimal  kecerdasan  linguistiknya.
                   Walapun mungkin tidak secepat jika dibandingkan dengan anak yang memang sejak awalnya memiliki
                   kecerdasan linguistik.

























































                                                        Bab 5 Penutup: Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk  59
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70