Page 65 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 65
2. Ajarkan berbagai kecerdasan yang memungkinkan anak dapat tumbuh optimal dengan semua
kecerdasannya. Dengan demikian kecerdasan atau bakat yang tersembunyi dapat tergali dan dapat
digarap lebih optimal. Bagi anak yang sudah memiliki beberapa kecerdasan tertentu yang tinggi perlu
lebih dioptimalkan dengan cara terus mengasah dan melatihkan kecerdasan-kecerdasan tersebut agar
semakin piawai dan berprestasi di bidangnya. Sementara beberapa kecerdasan yang lain tetap harus
dikembangkan tanpa harus mematikan kecerdasan atau memforsir kecerdasan yang telah mereka
miliki sebelumnya.
3. Sediakan fasilitas yang mendukung. Hampir semua kecerdasan dapat berkembang secara optimal
jika dilakukan latihan. Oleh karena itu, faktor dukungan dan fasilitas akan sangat menentukan. Anak
yang sangat baik kecerdasan linguistiknya mungkin akan menjadi tumpul manakala tidak ada tersedia
sarana yang cukup untuk membaca, bercerita, ataupun menyampaikan pesan-pesan kepada orang
lain. Demikian pula mungkin anak yang sebenarnya tidak begitu tinggi kecerdasan linguistiknya,
namun karena tersedia dukungan fasilitas seperti buku-buku, sering diajak untuk diskusi, wawancara
bercerita dengan baik, sangat mungkin mereka akan tumbuh optimal kecerdasan linguistiknya.
Walapun mungkin tidak secepat jika dibandingkan dengan anak yang memang sejak awalnya memiliki
kecerdasan linguistik.
Bab 5 Penutup: Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk 59