Page 60 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 60

Dalam mengelola kegiatan pembelajaran, guru perlu merencanakan tugas dan alat belajar yang
                menantang,  pemberian umpan  balik, dan penyediaan program  penilaian  yang memungkinkan
                semua siswa mampu “unjuk kemampuan/mendemonstrasikan kinerja (performance) sebagai hasil
                belajar. Inti dari penyediaan tugas menantang ini adalah penyediaan seperangkat pertanyaan yang
                mendorong siswa bernalar atau melakukan kegiatan ilmiah. Para ahli menyebutkan jenis pertanyaan
                ini sebagai ‘pertanyaan produktif’. Oleh karena itu, dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran ini guru
                perlu memiliki kemampuan merancang pertanyaan produktif dan mampu menyajikan pertanyaan
                sehingga memungkinkan semua siswa terlibat, baik secara mental maupun secara fisik.



            F. Kreatif Mengembangkan Variasi Mengajar


                Banyak variasi yang dapat dilakukan guru saat melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya suara
            guru saat menjelaskan dan menyampaikan materi pelajaran, cara guru memandang siswa, posisi guru,
            interaksi yang terjadi, sampai pada cara memanfaatkan media belajar untuk menarik perhatian siswa. Dari
            berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh guru itu, sebenarnya hanya ada satu tujuan utama yaitu
            agar pembelajaran yang dilakukan tidak monoton sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti
            pembelajaran.  Sedangkan tujuan  lainnya tergantung pada  jenis  variasi dan prinsip  penggunaan  yang
            dilakukan. Berikut adalah variasi mengajar dalam kaitannya dengan proses pembelajaran.
            1.  Variasi dalam cara dan gaya mengajar.
            2.  Variasi dalam pola interaksi dan kegiatan.
            3.  Variasi dalam memanfaatkan media pembelajaran.


                Penjelasan untuk masing-masing variasi dalam kaitannya dengan proses pembelajaran adalah sebagai
            berikut.

            1.  Variasi dalam Cara dan Gaya Mengajar

                Hal-hal atau kegiatan yang berhubungan dengan variasi dalam cara dan gaya mengajar antara lain
                adalah seperti berikut.
                a.  Variasi Suara
                    Sebagian kegiatan yang berlangsung di kelas bersumber  dari hal-hal  yang disampaikan guru
                    secara  lisan,  sehingga  suara  guru  merupakan  faktor  yang  sangat  penting  pada  setiap  proses
                    pembelajaran di kelas. Guru harus pandai memvariasikan intonasi suaranya dari besar ke kecil,
                    dari tinggi ke rendah, dari nada sedih ke gembira, memberi tekanan pada kalimat tertentu, dan
                    sebagainya.

                b.  Pemusatan Perhatian
                    Pemusatan perhatian dapat dilakukan guru dengan cara mengucapkan kata-kata tertentu secara
                    khusus diiringi isyarat/gerakan seperlunya.

                c.  Kesenyapan
                    Perubahan dari ada suara yang terdengar ke kesenyapan yang dilakukan secara tiba-tiba akan
                    memengaruhi perhatian siswa. Cara ini dapat dilakukan ketika guru sedang berbicara tetapi ada
                    siswa yang asyik sendiri, tidak mendengarkan, atau bahkan ada yang mengantuk.




              54      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65