Page 25 - Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah
P. 25

d.  Sudut Pandang Komidi Putar


                        Pada komidi putar, kita dapat melihat seluruh sisi objek karena objek itu
                        berputar. Karena tidak semua objek dapat diputar, maka dalam hal ini

                        si pengamatlah yang berputar. Ia mengelilingi objek untuk mengamati
                        semua sisinya.


            2.    Perhatikan objek tersebut dan tuliskan apa saja yang dapat Anda lihat, dengar,

                  cium dan rasa. Pergunakan semua indera yang kita miliki. Sama seperti dalam

                  curah  gagasan,  kita  tidak  perlu  memusingkan  masalah  susunan  kalimat,
                  penulisan ejaan, alur logika dan sebagainya. Pekerjaan kita adalah menuliskan

                  ekspresi atau kesan yang paling menonjol yang tertangkap oleh panca indra

                  kita.

            3.    Setelah 15 menit, bacalah catatan yang kita buat. Lihat objek yang diamati

                  sekali  lagi,  untuk  mengetahui  jika  ada  sesuatu  yang  tertinggal.  Kemudian,

                  tuliskan komentar, ekpresi singkat berdasarkan catatan kita.




            C.  Riset atau Observasi


                  Langkah-langkah untuk memulai observasi adalah sebagai berikut.


            1.    Kita  dapat  mulai  melakukan  riset  atau  observasi  dari  perpustakaan  pribadi
                  kita. Kumpulkan buku-buku, kliping koran, majalah, dan sebagainya. Semakin

                  lengkap  koleksi  perpustakaan  pribadi  kita,  semakin  mudah  bagi  kita  untuk

                  membuat detil sebuah cerita.

            2.    Mengunjungi para ilmuwan dari pelbagai bidang. Ilmuwan adalah saksi hidup

                  penyelam ilmu. Mereka memiliki keahlian lebih di bidangnya dibandingkan

                  dengan orang-orang kebanyakan. Kita dapat memeroleh informasi untuk detil
                  film  dari  para  ilmuwan.  Kita  dapat  mewawancarai  mereka  untuk  menggali

                  pelbagai informasi.














                                                                                Bab 2 Tahap Penggalian Ide  19
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30