Page 28 - Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah
P. 28

1.    Cerita pada Satu Menit Pertama


                     Cermati  awal  film  terebut.  Kita  akan  menyaksikan  sebuah  tempat,  sepotong
                     waktu, dan suasana hati. Dapat saja yang tengah kita saksikan adalah film besar,

                     film kolosal, namun dapat juga film yang kita saksikan tersebut adalah film tentang

                     hal-hal  renik  dan  detil  tentang  sebuah  interaksi.  Perhatikan  adegan-adegan
                     selanjutnya, apakah dalam dua tiga menit berikutnya ada adegan-adegan yang

                     memikat hati? Dua menit pertama biasanya merupakan adegan yang memikat.
                     Dalam  menit-menit  pertama  film,  kita  biasanya  menyaksikan  sudut  pandang

                     penceritaan. Film horor biasanya membangun suasana sedemikian rupa, sehingga

                     ketika  terdapat  adegan  menakutkan  digambarkan,  maka  kita  akan  merasakan
                     teror ketakutan tersebut. Informasi apa saja yang kita dapat pada menit-menit

                     pertama film? Sebuah suasana? Deskripsi tempat?


                     Nah,  kini  kita  dapat  membandingkan  menit-menit  pertama  film  dengan

                     halaman pertama skenario kita. Di halaman pertama skenario kita, akan ada
                     perkenalan sebuah tempat, sepotong waktu, dan suasana.





               2.    Skenario Halaman Tiga sampai Sepuluh

                     Coba kita catat berapa lama waktu yang diperlukan oleh film tersebut untuk

                     menarik perhatian penonton? Ada sebuah adegan yang dapat dikategorikan

                     sebagai sebuah titik perhatian penonton. Hal itu dapat berupa sebuah lelucon
                     yang  membuat  penonton  pertama  kali  tertawa,  atau  adegan  tegang  yang

                     membuat penonton pertama kali terkejut.


                     Kemudian kita dapat bertanya pada diri sendiri seperti ini: Apa ceritanya? Siapa

                     yang  diceritakan?  Apa  yang  tokoh  inginkan?  Apakah  yang  menghalanginya
                     mencapai  keinginan  terebut?  Apakah  aku  ingin  ia  mencapai  apa  yang

                     diinginkannya? Apakah aku ingin tahu apa yang bakal terjadi selanjutnya? Jika
                     sebuah film gagal menyatakan apa, siapa, dan di mana kejadiannya sampai

                     pada  halaman  sepuluh,  ia  akan  kehilangan  penonton.  Perhatikan  apakah

                     penontonnya menjadi gelisah.









              22       Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33