Page 42 - Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah
P. 42
karena padanya letak kejelasan konflik dari lakon berada. Inti pesan atau premis
yang terkandung dalam permasalahan akan menampakkan dramatikanya dengan
menggarap bagian ini sebaik mungkin.
Tiga titik penting yang merupakan napas dari lakon menurut struktur ini adalah
konflik awal saat persoalan dimulai, titik balik perubahan saat perlawanan
terhadap konflik dimulai, dan klimaks saat konflik antarpihak yang berseteru
memuncak hingga menghasilkan sebuah penyelesaian atau resolusi.
Skema Turning Point
(Sumber: Data Penerbit)
Titik A adalah permulaan konflik atau awal cerita saat persoalan mulai
diungkapkan. Selanjutnya konflik mulai memanas dan cerita berada dalam
ketegangan atau penanjakan yang digambarkan sebagai garis B. Garis ini
menuntun pada satu keadaan yang dapat dijadikan patokan sebagai titik balik
perubahan yang digambarkan sebagai titik C. Pada titik ini terjadi perubahan
arah laku lakon saat pihak yang sebelumnya dikalahkan atau pihak yang
lemah mulai mengambil sikap atau sadar untuk melawan. Dengan demikian,
tegangan menjadi berubah sama sekali. Ketika pada titik A dan garis B pihak
yang dimenangkan tidak mendapatkan saingan maka pada titik C kondisi ini
berubah. Hal ini terus berlanjut hingga sampai pada titik D yang menggambarkan
klimaks dari persoalan. Tegangan semakin menurun karena persoalan mulai
mendapatkan titik terang dan pihak yang akhirnya menang telah ditentukan.
Keadaan ini digambarkan sebagai garis E yang disebut dengan bagian resolusi.
36 Berlatih Membuat Skenario Film Sekolah