Page 19 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 19

c.  Berdiri Sendiri

                           Seorang guru adalah seorang yang telah dewasa, ia telah sangup berdiri sendiri baik secara
                           intelektual, sosial, maupun emosional. Berdiri sendiri secara intelektual, berarti ia memiliki
                           pengetahuan  yang  cukup  untuk  mengajar  juga  telah  dapat  memberikan  pertimbangan-
                           pertimbangan rasional dan mengambil suatu putusan atau pemecahan masalah.

                       d  .     P  e  k  a
                           Seorang guru harus peka atau sensitif terhadap penampilan para siswanya.

                       e  .     T  e  k  u  n
                           Pekerjaan seorang guru membutuhkan ketekunan, baik di dalam mempersiapkan, melaksanakan,
                           menilai, maupun membina siswa sebagai generasi penerus bagi kehidupan yang akan datang.

                       f.   Melihat ke Depan
                           Tugas guru  adalah  membina siswa sebagai  generasi  penerus bagi  kehidupan  yang akan
                           datang.
                       g.  Menerima Diri

                           Seorang guru selain bersikap realistis, ia juga harus mampu menerima keadaan dan kondisi
                           dirinya.


                       Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, seorang guru
                       tidak hanya dituntut sebagai pengajar yang bertugas menyampaikan materi pelajaran tertentu,
                       tetapi juga harus berperan sebagai pendidik. Tugas seorang guru adalah mengajar. Dalam kegiatan
                       mengajar ini tentu saja tidak dapat dilakukan sembarangan, tetapi harus mengunakan teori-teori
                       dan prinsip-prinsip belajar. Prinsip-prinsip belajar tersebut adalah sebagai berikut.

                       a.  Perhatian dan Motivasi
                           Perhatian dan motivasi memunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar.
                       b.  Keaktifan
                           Aktif maksudnya adalah anak memunyai dorongan untuk berbuat sesuatu.

                       c.  Ketertiban Langsung/Pengalaman
                           Belajar haruslah dilakukan sendiri oleh siswa.
                       d.  Pengulangan
                           Pengulangan  dapat  melatih  daya-daya  jiwa  dan  membentuk  respons  yang  benar  dan
                           merupakan bentuk kebiasaan-kebiasaan.
                       e.  Tantangan

                           Dalam belajar siswa tentu memiliki  hambatan dalam mepelajari bahan  belajar, maka
                           timbulah motif yang mengatasi hambatan itu dengan cara belajar.


               2.  Peserta Didik
                   Peserta didik atau siswa adalah  subjek yang terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar disekolah.
                   Peserta didik juga adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertindak sebagai pelaku, pencari,
                   penerima, dan penyimpan isi pelajaran yang dibutuhkannya untuk mencapai tujuan.





                                                                    Bab 2 Pengertian Strategi Pembelajaran  13
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24