Page 19 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 19
c. Berdiri Sendiri
Seorang guru adalah seorang yang telah dewasa, ia telah sangup berdiri sendiri baik secara
intelektual, sosial, maupun emosional. Berdiri sendiri secara intelektual, berarti ia memiliki
pengetahuan yang cukup untuk mengajar juga telah dapat memberikan pertimbangan-
pertimbangan rasional dan mengambil suatu putusan atau pemecahan masalah.
d . P e k a
Seorang guru harus peka atau sensitif terhadap penampilan para siswanya.
e . T e k u n
Pekerjaan seorang guru membutuhkan ketekunan, baik di dalam mempersiapkan, melaksanakan,
menilai, maupun membina siswa sebagai generasi penerus bagi kehidupan yang akan datang.
f. Melihat ke Depan
Tugas guru adalah membina siswa sebagai generasi penerus bagi kehidupan yang akan
datang.
g. Menerima Diri
Seorang guru selain bersikap realistis, ia juga harus mampu menerima keadaan dan kondisi
dirinya.
Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, seorang guru
tidak hanya dituntut sebagai pengajar yang bertugas menyampaikan materi pelajaran tertentu,
tetapi juga harus berperan sebagai pendidik. Tugas seorang guru adalah mengajar. Dalam kegiatan
mengajar ini tentu saja tidak dapat dilakukan sembarangan, tetapi harus mengunakan teori-teori
dan prinsip-prinsip belajar. Prinsip-prinsip belajar tersebut adalah sebagai berikut.
a. Perhatian dan Motivasi
Perhatian dan motivasi memunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar.
b. Keaktifan
Aktif maksudnya adalah anak memunyai dorongan untuk berbuat sesuatu.
c. Ketertiban Langsung/Pengalaman
Belajar haruslah dilakukan sendiri oleh siswa.
d. Pengulangan
Pengulangan dapat melatih daya-daya jiwa dan membentuk respons yang benar dan
merupakan bentuk kebiasaan-kebiasaan.
e. Tantangan
Dalam belajar siswa tentu memiliki hambatan dalam mepelajari bahan belajar, maka
timbulah motif yang mengatasi hambatan itu dengan cara belajar.
2. Peserta Didik
Peserta didik atau siswa adalah subjek yang terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar disekolah.
Peserta didik juga adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertindak sebagai pelaku, pencari,
penerima, dan penyimpan isi pelajaran yang dibutuhkannya untuk mencapai tujuan.
Bab 2 Pengertian Strategi Pembelajaran 13