Page 15 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 15

7.   Strategi Jigsaw (Model Tim Ahli)

                   Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                   a.  Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim.
                   b.  Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda.
                   c.  Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan.
                   d.  Anggota  dari  tim  yang  berbeda  yang  telah  mempelajari  bagian/sub-bab  yang  sama  bertemu
                       dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub-bab mereka.
                   e.  Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian
                       mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
                       mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
                   f.   Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
                   g.  Guru memberi evaluasi.
                   h.  Penutup.



               8.   Strategi Problem Based Introductuon (PBI)/(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
                   Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                   a.  Guru  menjelaskan  tujuan  pembelajaran.  Menjelaskan  logistik  yang  dibutuhkan.  Memotivasi
                       siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
                   b.  Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan
                       dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dan lain-lain).
                   c.  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk
                       mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan
                       masalah.
                   d.  Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan
                       dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
                   e.  Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan
                       proses-proses yang mereka gunakan.



               9.   Strategi Artikulasi
                   Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                   a.  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
                   b.  Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
                   c.  Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
                   d.  Suruhlan  seorang dari pasangan itu menceritakan materi  yang baru diterima  dari guru dan
                       pasangannya  mendengar  sambil  membuat  catatan-catatan  kecil,  kemudian  berganti  peran.
                       Begitu juga kelompok lainnya.
                   e.  Suruh  siswa  secara  bergiliran/diacak  menyampaikan  hasil  wawancaranya  dengan  teman
                       pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
                   f.   Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.

                   g.  Kesimpulan/penutup.







                                                                    Bab 2 Pengertian Strategi Pembelajaran  9
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20