Page 20 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 20

3.  Tujuan Pembelajaran

                Pada hakikatnya tujuan pembelajaran adalah perubahan perilaku dan tingkah laku yang positif dari
                peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar-mengajar, seperti perubahan secara psikologis akan
                tampil dalam tingkah laku (over behavior) yang dapat diamati melalui alat indera oleh orang lain, baik
                tutur kata, motorik, dan gaya hidup.


            4.  Gaya Hidup

                Untuk menjamin efektivitas pengembangan kurikulum dan program pembelajaran, maka merupakan
                tugas bagi kepala sekolah beserta guru-guru lainya untuk menjabarkan isi kurikulum secara lebih rinci
                dan oprasional ke dalam program tahunan, semesteran, dan bulanan. Adapun program mingguan atau
                program satuan pelajaran wajib dikembangkan guru sebelum melakukan kegiatan belajar-mengajar.
                Berikut prinsip-prinsip yang harus diperhatikan.
                a.  Tujuan yang dikehendaki harus jelas, operasional mudah terlihat, ketepatan program-program
                    yang dikembangkan untuk mencapai tujuan.
                b.  Program ini harus sederhana atau fleksibel.

                c.  Program-program yang disusun  dan  dikembangkan harus sesuai  dengan  tujuan  yang telah
                    diterapkan.
                d.  Program yang dikembangkan harus menyeluruh dan jelas pencapaiannya.

                e.  Harus ada koordinasi antara komponen pelaksana program di sekolah.


            D. Metode Pembelajaran


                Pada dasarnya guru adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala
            kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu
            menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah
            dengan  mengajar  di  kelas.  Salah  satu  yang  paling  penting  adalah  penampilan  (performance) guru di
            kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang
            menyenangkan. Dengan demikian, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan
            karakteristik peserta didiknya.
                Tiap-tiap kelas dapat kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas
            lain. Untuk itu, seorang guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran. Berikut ini adalah
            beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan.



            1.   Metode Ceramah
                Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada
                sekelompok  pendengar  untuk  mencapai  tujuan  pembelajaran  tertentu  dalam  jumlah  yang  relatif
                besar.  Dengan  Metode  Ceramah,  guru  dapat  mendorong  timbulnya  inspirasi  bagi  pendengarnya.
                Metode Ceramah cocok untuk digunakan dalam  pembelajaran dengan ciri-ciri  tertentu.  Ceramah
                cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar
                didapatkan.




              14      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25