Page 20 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 20
3. Tujuan Pembelajaran
Pada hakikatnya tujuan pembelajaran adalah perubahan perilaku dan tingkah laku yang positif dari
peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar-mengajar, seperti perubahan secara psikologis akan
tampil dalam tingkah laku (over behavior) yang dapat diamati melalui alat indera oleh orang lain, baik
tutur kata, motorik, dan gaya hidup.
4. Gaya Hidup
Untuk menjamin efektivitas pengembangan kurikulum dan program pembelajaran, maka merupakan
tugas bagi kepala sekolah beserta guru-guru lainya untuk menjabarkan isi kurikulum secara lebih rinci
dan oprasional ke dalam program tahunan, semesteran, dan bulanan. Adapun program mingguan atau
program satuan pelajaran wajib dikembangkan guru sebelum melakukan kegiatan belajar-mengajar.
Berikut prinsip-prinsip yang harus diperhatikan.
a. Tujuan yang dikehendaki harus jelas, operasional mudah terlihat, ketepatan program-program
yang dikembangkan untuk mencapai tujuan.
b. Program ini harus sederhana atau fleksibel.
c. Program-program yang disusun dan dikembangkan harus sesuai dengan tujuan yang telah
diterapkan.
d. Program yang dikembangkan harus menyeluruh dan jelas pencapaiannya.
e. Harus ada koordinasi antara komponen pelaksana program di sekolah.
D. Metode Pembelajaran
Pada dasarnya guru adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala
kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu
menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah
dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah penampilan (performance) guru di
kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang
menyenangkan. Dengan demikian, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik peserta didiknya.
Tiap-tiap kelas dapat kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas
lain. Untuk itu, seorang guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran. Berikut ini adalah
beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan.
1. Metode Ceramah
Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada
sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif
besar. Dengan Metode Ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Metode Ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah
cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar
didapatkan.
14 Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk