Page 16 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 16

10.  Strategi Mind Mapping

                Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban.
                    Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                a.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
                b.   Guru  mengemukakan  konsep/permasalahan  yang  akan  ditanggapi  oleh  siswa/sebaiknya
                    permasalahan yang memunyai alternatif jawaban.
                c.   Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
                d.   Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
                e.   Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di
                    papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
                f.   Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai
                    konsep yang disediakan guru.



            11.  Strategi Make A Match (Mencari Pasangan)
                Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                a.  Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi
                    review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
                b.  Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
                c.  Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
                d.  Setiap siswa mencari pasangan yang memunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).
                e.  Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
                f.   Setelah  satu  babak  kartu  dikocok  lagi  agar  tiap  siswa  mendapat  kartu  yang  berbeda  dari
                    sebelumnya.
                g.  Demikian seterusnya.
                h.  Kesimpulan/penutup.



            12.  Strategi Think Pair and Share
                Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                a.  Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai.
                b.  Siswa diminta untuk berpikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
                c.  Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan
                    hasil pemikiran masing-masing.
                d.  Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
                e.  Berawal  dari  kegiatan  tersebut  mengarahkan  pembicaraan  pada  pokok  permasalahan  dan
                    menambah materi yang belum diuangkapkan para siswa.
                f.   Guru memberi kesimpulan.
                g.  Penutup.













              10      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21