Page 11 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 11
2. Belajar boleh ramai.
Belajar tidak harus dalam suasana sunyi senyap. Belajar boleh ramai, bahkan untuk mata pelajaran
tertentu ramai hukumnya wajib. Belajar berbahasa adalah belajar berkomunikasi. Komunikasi
memerlukan tindakan verbal untuk mengekspresikan perasaan dan gagasan melalui bahasa. Kalau
kegiatan pembelajaran harus sunyi senyap, ekspresi, perasaan, dan gagasan tidak akan lahir dari
peserta didik.
Gambar 2.2. Belajar kelompok, ramai tapi membuat anak didik belajar berkomunikasi.
(Sumber foto: http://1.bp.blogspot.com/_sHXGaypMlIc/TEAQEyhnSQI/AAAAAAAAADI/CXvtp_4VYoE/s1600/DSC00711.JPG)
3. Belajar tidak harus di dalam kelas.
Belajar di luar kelas juga sangat menarik minat siswa. Menurut pengalaman seseorang yang pernah
belajar di Australia, guru sastra di Australia sering mengajak muridnya ke luar kelas untuk pembelajaran
bersastra. Hasilnya, para siswa di Negeri Kanguru itu sangat menikmati pembelajaran sastra. Begitu
juga pembelajaran lainnya yang perlu bersentuhan langsung dengan alam. Pembelajaran anatomi
tubuh kodok dengan membedah seekor kodok, lebih menarik dan menghasilkan pengalaman empiris
yang melekat dibanding penjelasan guru yang panjang-lebar dengan media gambar kodok.
Gambar 2.3. Belajar di luar kelas.
(Sumber foto: http://elzhito.files.wordpress.com/2010/11/15.jpg)
Bab 2 Pengertian Strategi Pembelajaran 5