Page 11 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 11

2.  Belajar boleh ramai.

                   Belajar tidak harus dalam suasana sunyi senyap. Belajar boleh ramai, bahkan untuk mata pelajaran
                   tertentu  ramai  hukumnya  wajib.  Belajar  berbahasa  adalah  belajar  berkomunikasi.  Komunikasi
                   memerlukan tindakan verbal untuk mengekspresikan perasaan dan gagasan melalui bahasa. Kalau
                   kegiatan  pembelajaran  harus  sunyi  senyap,  ekspresi,  perasaan,  dan  gagasan  tidak  akan  lahir  dari
                   peserta didik.
























                               Gambar 2.2. Belajar kelompok, ramai tapi membuat anak didik belajar berkomunikasi.
                       (Sumber foto: http://1.bp.blogspot.com/_sHXGaypMlIc/TEAQEyhnSQI/AAAAAAAAADI/CXvtp_4VYoE/s1600/DSC00711.JPG)

               3.   Belajar tidak harus di dalam kelas.

                   Belajar di luar kelas juga sangat menarik minat siswa. Menurut pengalaman seseorang yang pernah
                   belajar di Australia, guru sastra di Australia sering mengajak muridnya ke luar kelas untuk pembelajaran
                   bersastra. Hasilnya, para siswa di Negeri Kanguru itu sangat menikmati pembelajaran sastra. Begitu
                   juga pembelajaran lainnya yang perlu bersentuhan langsung dengan alam. Pembelajaran anatomi
                   tubuh kodok dengan membedah seekor kodok, lebih menarik dan menghasilkan pengalaman empiris
                   yang melekat dibanding penjelasan guru yang panjang-lebar dengan media gambar kodok.
























                                                  Gambar 2.3. Belajar di luar kelas.
                                      (Sumber foto: http://elzhito.files.wordpress.com/2010/11/15.jpg)







                                                                    Bab 2 Pengertian Strategi Pembelajaran  5
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16