Page 13 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 13

1.   Strategi Examples Non Examples

                   Contoh  dapat  dari  kasus/gambar  yang  relevan  dengan  Kompetensi  Dasar.  Langkah-langkah  yang
                   dilakukan adalah sebagai berikut.
                   a.  Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
                   b.  Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/In Focus.
                   c.  Guru  memberi  petunjuk  dan  memberi  kesempatan  kepada  siswa  untuk  memperhatikan/
                       menganalisa gambar.
                   d.  Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada
                       kertas.
                   e.  Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
                   f.  Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin
                       dicapai.
                   g.  Kesimpulan.



               2.   Strategi Picture and Picture
                   Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                   a.  Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
                   b.  Menyajikan materi sebagai pengantar.
                   c.  Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
                   d.  Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar
                       menjadi urutan yang logis.
                   e.  Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
                   f.  Dari  alasan/urutan  gambar  tersebut  guru  memulai  menamkan  konsep/materi  sesuai  dengan
                       kompetensi yang ingin dicapai.
                   g.  Kesimpulan/rangkuman.


               3.   Strategi Numbered Heads Together

                   Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                   a.  Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
                   b.  Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
                   c.  Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
                       mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
                   d.  Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja
                       sama mereka.
                   e.  Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
                   f.  Kesimpulan.


               4.   Strategi Cooperative Script

                   Metode belajar di mana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan,
                       bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                   a.  Guru membagi siswa untuk berpasangan.





                                                                    Bab 2 Pengertian Strategi Pembelajaran  7
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18