Page 13 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 13
1. Strategi Examples Non Examples
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar. Langkah-langkah yang
dilakukan adalah sebagai berikut.
a. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/In Focus.
c. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan/
menganalisa gambar.
d. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada
kertas.
e. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
f. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin
dicapai.
g. Kesimpulan.
2. Strategi Picture and Picture
Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
a. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
b. Menyajikan materi sebagai pengantar.
c. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
d. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar
menjadi urutan yang logis.
e. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
f. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai.
g. Kesimpulan/rangkuman.
3. Strategi Numbered Heads Together
Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
a. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
b. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
c. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
d. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja
sama mereka.
e. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
f. Kesimpulan.
4. Strategi Cooperative Script
Metode belajar di mana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan,
bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
a. Guru membagi siswa untuk berpasangan.
Bab 2 Pengertian Strategi Pembelajaran 7