Page 14 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 14

b.  Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
                c.  Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang
                    berperan sebagai pendengar.
                d.  Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok
                    dalam ringkasannya. Sementara pendengar:
                (1)   Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
                (2)   Membantu  mengingat/menghafal  ide-ide  pokok  dengan  menghubungkan  materi  sebelumnya
                    atau dengan materi lainnya.
                e.   Bertukar  peran,  semula  sebagai  pembicara  ditukar  menjadi  pendengar  dan  sebaliknya.  Serta
                    lakukan seperti sebelumnya.
                f.   Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru.
                g.   Penutup.


            5.   Strategi Kepala Bernomor Struktur

                Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                a.  Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
                b.  Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai.
                    Misalnya, siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan
                    siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
                c.  Jika perlu, guru dapat menyuruh kerja sama antarkelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya
                    dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan
                    ini siswa dengan tugas yang sama dapat saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama
                    mereka.
                d.  Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain.
                e.   Kesimpulan.


            6.   Strategi Student Teams-Achievement Divisions (STAD)/Tim Siswa Kelompok Prestasi.

                    Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
                a.  Membentuk kelompok yang anggotanya adalah 4 orang secara heterogen (campuran menurut
                    prestasi, jenis kelamin, suku, dan lain-lain).
                b.  Guru menyajikan pelajaran.
                c.  Guru memberi  tugas kepada  kelompok  untuk dikerjakan  oleh  anggota-anggota kelompok.
                    Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
                    mengerti.
                d.  Guru  memberi  kuis/pertanyaan  kepada  seluruh  siswa.  Pada  saat  menjawab  kuis  tidak  boleh
                    saling membantu.
                e.  Memberi evaluasi.

                f.  Kesimpulan.










               8      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19