Page 14 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 14
b. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
c. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang
berperan sebagai pendengar.
d. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok
dalam ringkasannya. Sementara pendengar:
(1) Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
(2) Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya
atau dengan materi lainnya.
e. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta
lakukan seperti sebelumnya.
f. Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru.
g. Penutup.
5. Strategi Kepala Bernomor Struktur
Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
a. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
b. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai.
Misalnya, siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan
siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
c. Jika perlu, guru dapat menyuruh kerja sama antarkelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya
dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan
ini siswa dengan tugas yang sama dapat saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama
mereka.
d. Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain.
e. Kesimpulan.
6. Strategi Student Teams-Achievement Divisions (STAD)/Tim Siswa Kelompok Prestasi.
Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
a. Membentuk kelompok yang anggotanya adalah 4 orang secara heterogen (campuran menurut
prestasi, jenis kelamin, suku, dan lain-lain).
b. Guru menyajikan pelajaran.
c. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
d. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh
saling membantu.
e. Memberi evaluasi.
f. Kesimpulan.
8 Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk