Page 33 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 33

3.  Kecerdasan Visual/Ruang (Visual/Spatial Intelligence)

                   Kecerdasan  visual  adalah kemampuan untuk menangkap dunia  ruang  visual  secara tepat atau
                   berhubungan dengan kemampuan indera pandang dan berimajinasi, seperti yang dimiliki oleh para
                   navigator,  pemburu,  dan  arsitek.  Yang  termasuk  dalam  kecerdasan  ini  adalah  kemampuan  untuk
                   mengenal bentuk dan benda secara tepat, melakukan perubahan bentuk benda dalam pikiran dan
                   mengenali perubahan tersebut, menggambarkan suatu hal/benda dalam pikiran dan mengubahnya
                   dalam bentuk nyata, serta mengungkapkan data dalam suatu grafik.


               4.  Kecerdasan Tubuh/Gerak (Body/Kinesthetic Intelligence)
                   Kecerdasan tubuh merupakan kemampuan seseorang untuk secara aktif menggunakan bagian-bagian
                   atau  seluruh  tubuhnya untuk berkomunikasi  dan  memecahkan  masalah.  Orang  yang memunyai
                   kecerdasan ini dengan mudah mengekspresikan dengan gerak tubuh, misalnya menari, permainan
                   olah raga, pantomim, mengetik, dan sebagainya.


               5.  Kecerdasan Musikal/Ritmik (Musical/Rhythmic Intelligence)

                   Kecerdasan  musikal  merupakan  kemampuan  untuk mengembangkan  dan  mengekspresikan,
                   menikmati bentuk-bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi dan intonasi, serta kemapuan
                   memainkan  alat  musik,  menyanyi,  menciptakan  lagu,  menikmati  lagu,  dan  nyayian.  Musik  dapat
                   menenangkan  pikiran,  mamacu  kembali  aktivitas,  memperkuat  semangat  nasional,  meningkatkan
                   iman, dan sebagainya.


               6.  Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intelligence)
                   Kecerdasan interpersonal berhubungan dengan kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi baik
                   verbal maupun nonverbal. Mampu mengenali perbedaan perasaan, temperamen, maupun motivasi
                   orang lain. Pada tingkat lebih tinggi kecerdasan ini dapat membaca konteks kehidupan orang lain.
                   Tampak pada guru, konselor, terapis, politisi, pemuka agama.


               7.  Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence)
                   Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan pemahaman terhadap aspek internal, seperti perasaan,
                   proses berpikir, refleksi diri, intuisi, dan spiritual. Identitas diri dan kemampuan transeden manusia.
                   Kecerdasan ini sifatnya paling individual, dan untuk menggunakan diperlukan semua kecerdasan yang
                   lain.



                   Dalam buku Frames of Mind, Howard Gardner memperlakukan kecerdasan personal sebagai “sebuah
               pasangan”.  Karena hubungannya sangat erat pada  budaya tertentu, kedua  jenis  kecerdasan  itu  kerap
               dijadikan satu. Namun,  Gardner  tetap berpendapat  bahwa cukup logis  untuk  memisahkan keduanya.
               Gardner mengatakan bahwa ketujuh kecerdasan tersebut jarang beroperasi sendiri-sendiri. Mereka dapat
               digunakan  secara  bersamaan  dan  saling  melengkapi  ketika  seseorang  membangun  keterampilan  atau
               memecahkan masalah.
                   Pada dasarnya, Howard Gardner mengatakan bahwa dia membuat dua pokok pikiran yang paling
               penting tentang kecerdasan majemuk. Dua pokok pikiran tersebut adalah seperti berikut.






                                               Bab 3 Penerapan Kecerdasan Majemuk dalam Proses Pembelajaran  27
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38