Page 40 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 40

B. Kreatif Menggunakan Media Pengajaran


                Kata media merupakan bentuk jamak dari medium yang berarti perantara, sedangkan menurut istilah
            adalah wahana pengantar pesan. Beberapa teknologi pengajaran, banyak memberikan batasan definisi
            tentang media pengajaran, di antaranya adalah sebagai berikut.
            1.  Menurut AECT (Association of Education and Communication Technology) memberi batasan mengenai
                media  sebagai  segala  bentuk dan  saluran  yang digunakan  orang untuk menyalurkan  pesan  atau
                informasi.
            2.  Menurut  NEA  (National  Education  Assocation) menyatakan bahwa  media adalah  bentuk-bentuk
                komunikasi, baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya; dan hendaknya dapat dimanupulasi,
                dilihat, didengar, dan dibaca.

            3.  Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk
                belajar.
            4.  Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar,
                misalnya buku, film bingkai, kaset, dan lain-lain.
            5.  Batasan  mengenai  media pembelajaran yaitu  mencakup  semua sumber yang diperlukan untuk
                melakukan komunikasi dengan siswa.


            Kesimpulan dari berbagai definisi tersebut adalah sebagai berikut.

            1.  Media adalah wadah dari pesan yang oleh sumber atau penyalurnya ingin diteruskan kepada penerima
                pesan tersebut.
            2.  Materi yang ingin disampaikan adalah pesan instruksional.
            3.  Tujuan yang ingin dicapai adalah terjadinya proses belajar pada penerima pesan (anak didik).

                Berdasarkan beberapa batasan tentang media pengajaran, maka dapat dikemukakan ciri-ciri umum
            yang terkandung dalam media pengajaran, antara lain adalah sebagai berikut.
            1.  Media pembelajaran memiliki pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware (perangkat
                keras), yaitu sesuatu yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan panca indera.
            2.  Media pembelajaran memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai software (perangkat lunak),
                yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat keras yang meupakan isi yang ingin disampaikan
                kepada siswa.

            3.  Penekanan media pembelajaran terdapat pada visual dan audio.
            4.  Media pembelajaran memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar, baik dalam kelas maupun di
                luar kelas.
            5.  Media pembelajaran digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses
                belajar-mengajar.
            6.  Media pembelajaran dapat digunakan secara massa (misalnya radio dan televisi), kelompok besar dan
                kelompok kecil (misalnya slide, film, video, OHP), atau perorangan (misalnya modul, komputer, radio,
                tape/kaset video recorder).
            7.  Sikap, perbuatan, organisasi, strategi, dan manajemen yang berhubungan dengan suatu ilmu.







              34      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45