Page 40 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 40
B. Kreatif Menggunakan Media Pengajaran
Kata media merupakan bentuk jamak dari medium yang berarti perantara, sedangkan menurut istilah
adalah wahana pengantar pesan. Beberapa teknologi pengajaran, banyak memberikan batasan definisi
tentang media pengajaran, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Menurut AECT (Association of Education and Communication Technology) memberi batasan mengenai
media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau
informasi.
2. Menurut NEA (National Education Assocation) menyatakan bahwa media adalah bentuk-bentuk
komunikasi, baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya; dan hendaknya dapat dimanupulasi,
dilihat, didengar, dan dibaca.
3. Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk
belajar.
4. Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar,
misalnya buku, film bingkai, kaset, dan lain-lain.
5. Batasan mengenai media pembelajaran yaitu mencakup semua sumber yang diperlukan untuk
melakukan komunikasi dengan siswa.
Kesimpulan dari berbagai definisi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Media adalah wadah dari pesan yang oleh sumber atau penyalurnya ingin diteruskan kepada penerima
pesan tersebut.
2. Materi yang ingin disampaikan adalah pesan instruksional.
3. Tujuan yang ingin dicapai adalah terjadinya proses belajar pada penerima pesan (anak didik).
Berdasarkan beberapa batasan tentang media pengajaran, maka dapat dikemukakan ciri-ciri umum
yang terkandung dalam media pengajaran, antara lain adalah sebagai berikut.
1. Media pembelajaran memiliki pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware (perangkat
keras), yaitu sesuatu yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan panca indera.
2. Media pembelajaran memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai software (perangkat lunak),
yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat keras yang meupakan isi yang ingin disampaikan
kepada siswa.
3. Penekanan media pembelajaran terdapat pada visual dan audio.
4. Media pembelajaran memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar, baik dalam kelas maupun di
luar kelas.
5. Media pembelajaran digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses
belajar-mengajar.
6. Media pembelajaran dapat digunakan secara massa (misalnya radio dan televisi), kelompok besar dan
kelompok kecil (misalnya slide, film, video, OHP), atau perorangan (misalnya modul, komputer, radio,
tape/kaset video recorder).
7. Sikap, perbuatan, organisasi, strategi, dan manajemen yang berhubungan dengan suatu ilmu.
34 Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk