Page 44 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 44

C. Kreatif Mengelola Sumber Belajar


                Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar
            dan manampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar.
            Sumber belajar adalah segala sesuatu dan dengan mana seseorang mempelajari sesuatu. Sumber belajar
            mencakup semua sumber yang mungkin dapat dipergunakan oleh si-belajar agar terjadi perilaku belajar.
            Dalam proses belajar komponen sumber belajar itu mungkin dimanfaatkan secara tunggal atau secara
            kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang dimanfaatkan.
                Sumber belajar yang beraneka ragam di sekitar kehidupan peserta didik, baik yang didesain maupun
            nondesain  belum  dimanfaatkan  secara  optimal  dalam  pembelajaran.  Sebagian  besar  guru  memiliki
            kecenderungan dalam pembelajaran memanfaatkan buku teks dan guru sebagai sumber belajar utama.

            Dari sekian banyaknya sumber belajar hanya buku teks yang banyak dimanfaatkan. Hal ini diperkuat oleh
            suatu hasil penelitian para dosen IKIP Semarang mengenai kebutuhan informasi, yang menyatakan bahwa
            banyak sumber belajar di perpustakaan yang belum dikenal dan belum diketahui penggunaannya. Keadaan
            ini diperparah dengan pemanfaatan buku sebagai sumber belajar juga masih bergantung pada kehadiran
            guru,  kalau  guru  tidak  hadir  maka  sumber  belajar  lain  termasuk  buku  pun  tidak  dapat  dimanfaatkan
            oleh peserta didik. Oleh karena itu, kehadiran guru secara fisik mutlak diperlukan. Di sisi lain sebenarnya
            banyak sumber belajar di sekitar kehidupan peserta didik yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.
                Dari alam sekitar peserta didik dapat dibimbing untuk mempelajari berbagai macam masalah
            kehidupan.  Akan tetapi, pemanfaatan alam sekitar  sebagai sumber belajar sangat  tergantung kepada
            guru. Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi usaha pemanfaatan alam sekitar sebagai sumber belajar,
            yaitu sebagai berikut.
            1.  Kemauan guru.
            2.  Kemampuan guru untuk dpat melihat alam sekitar yang dapat digunakan untuk pembelajaran.
            3.  Kemampuan guru untuk dapat menggunakan sumber alam sekitar dalam pembelajaran.



                Dalam pemanfaatan sumber belajar, guru memunyai tanggung jawab membantu peserta didik
            belajar agar belajar lebih mudah, lebih lancar, lebih terarah. Oleh sebab itu, guru dituntut untuk memiliki
            kemampuan khusus yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber belajar. Guru dituntut untuk mampu
            melakukan hal-hal berikut.
            1.  Menggunakan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.
            2.  Mengenalkan dan menyajikan sumber belajar.
            3.  Menerangkan peranan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran.
            4.  Menyusun tugas-tugas penggunaan sumber belajar dalam bentuk tingkah laku.
            5.  Mencari sendiri bahan dari berbagai sumber.
            6.  Memilih bahan sesuai dengan prinsip dan teori belajar.
            7.  Menilai keefektifan penggunaan sumber belajar sebagai bagian dari bahan pembelajarannya.
            8.  Merencanakan kegiatan penggunaan sumber belajar secara efektif.


                Di samping kemampuan-kemampuan tersebut, guru perlu juga mengetahui hal-hal berikut.
            1.  Mengetahui proses komunikasi dalam proses belajar, yang bahannya diperoleh dari teori komunikasi
                dan psikologi pendidikan.




              38      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49