Page 48 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 48
Bagan Pola Komunikasi dalam Pembelajaran Individual
(Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)
Dalam pembelajaran individual terdapat tiga pendekatan yang berbeda, yaitu seperti berikut.
1) Front line teaching method, dalam pendekatan ini guru berperan menunjukkan sumber belajar
yang perlu dipelajari.
2) Keller Plan, yaitu pendekatan yang menggunakan teknik personalized system of instruksional
(PSI) yang ditunjang dengan berbagai sumber berbentuk audio visual yang didesain khusus untuk
belajar individual.
3) Metode proyek, peranan guru cenderung sebagai penasihat dibanding pendidik, sehingga peserta
didiklah yang bertanggung jawab dalam memilih, merancang, dan melaksanakan berbagai
kegiatan belajar.
Sumber belajar hendaknya dirancang berdasarkan prinsip sebagai berikut.
1) Dialog, drama, diskusi yang disajikan menarik melalui permainan, kombinasi warna dan suara.
2) Persuasif dan bukan menggurui atau mendikte.
3) Pemilihan sumber belajar yang tepat.
4) Bentuk sajiannya singkat, padat, jelas, dan menyeluruh.
Dalam pembelajaran individual, peranan guru dalam interaksi dengan peserta didik lebih banyak
sebagai konsultan, pengelola belajar, pengarah, pembimbing, serta penerima hasil kemajuan belajar
peserta didik. Waktu yang digunakan untuk melaksanakan tugas dalam pembelajaran individual 10%
dari total waktu belajar, oleh sebab itu frekuensi pertemuannya jarang sekali.
b. Peranan Sumber Belajar dalam Belajar Klasikal
Pola komunikasi dalam belajar klasikal yang dipergunakan adalah komunikasi langsung antara guru
dengan peserta didik. Hasil belajar sangat tergantung oleh kualitas guru, karena guru merupakan
sumber belajar utama. Sumber lain seolah-olah tidak ada peranannya sama sekali, karena
frekuensi belajar didominari interaksinya dengan guru. Bentuk komunikasi dapat digambarkan
sebagai berikut.
42 Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk