Page 48 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 48

Bagan Pola Komunikasi dalam Pembelajaran Individual





















                                    (Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)



                Dalam pembelajaran individual terdapat tiga pendekatan yang berbeda, yaitu seperti berikut.
                1)   Front line teaching method, dalam pendekatan ini guru berperan menunjukkan sumber belajar
                    yang perlu dipelajari.
                2)   Keller  Plan,  yaitu pendekatan yang menggunakan teknik  personalized  system  of  instruksional
                    (PSI) yang ditunjang dengan berbagai sumber berbentuk audio visual yang didesain khusus untuk

                    belajar individual.
                3)   Metode proyek, peranan guru cenderung sebagai penasihat dibanding pendidik, sehingga peserta
                    didiklah  yang bertanggung jawab dalam  memilih,  merancang, dan  melaksanakan berbagai
                    kegiatan belajar.


                Sumber belajar hendaknya dirancang berdasarkan prinsip sebagai berikut.
                1)   Dialog, drama, diskusi yang disajikan menarik melalui permainan, kombinasi warna dan suara.
                2)   Persuasif dan bukan menggurui atau mendikte.
                3)   Pemilihan sumber belajar yang tepat.
                4)   Bentuk sajiannya singkat, padat, jelas, dan menyeluruh.


                Dalam pembelajaran  individual,  peranan  guru  dalam  interaksi  dengan  peserta didik  lebih  banyak
                sebagai konsultan, pengelola belajar, pengarah, pembimbing, serta penerima hasil kemajuan belajar
                peserta didik. Waktu yang digunakan untuk melaksanakan tugas dalam pembelajaran individual 10%
                dari total waktu belajar, oleh sebab itu frekuensi pertemuannya jarang sekali.


                b.   Peranan Sumber Belajar dalam Belajar Klasikal
                    Pola komunikasi dalam belajar klasikal yang dipergunakan adalah komunikasi langsung antara guru

                    dengan peserta didik. Hasil belajar sangat tergantung oleh kualitas guru, karena guru merupakan
                    sumber  belajar  utama.  Sumber  lain  seolah-olah  tidak  ada  peranannya  sama  sekali,  karena
                    frekuensi belajar didominari interaksinya dengan guru. Bentuk komunikasi dapat digambarkan
                    sebagai berikut.





              42      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53