Page 51 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 51

kegiatan. Nilai ekonomis yang diperoleh dengan adanya standar masukan, misalnya atas buku
                       teks, satu bentuk dan desain gedung serta fasilitas sekolah, satu bentuk papan tulis dan lain-lain
                       sumber.

                       Perkembangan teknologi mula-mula dengan ciri instrumentasi sebagai perpanjangan anggota
                       badan  manusia mengubah  orientasi,  mengubah  teknik,  dan  juga mengubah  situasi  belajar.
                       Dalam situasi inilah maka dalam pola instruksional terdapat sub komponen baru, yaitu alat yang
                       dipakai oleh guru sebagai sarana untuk membantu pelaksanaan kegiatan. Pola instruksional yang
                       memanfaatkan sumber belajar lain di samping guru, dapat ditunjukkan dalam diagram berikut
                       ini.
                            Pola 2: Bagan Pola Instruksional dengan Sumber Belajar Berupa Orang Dibantu Sumber Lain












                                 (Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)




                   c.   Pola Instruksional Dengan Sumber Belajar Berupa Orang (Guru) Bekerja Sama dengan Sumber
                       Belajar Lain
                       Makin majunya ilmu dan cakrawala manusia mengakibatkan tiap generasi penerus harus belajar
                       lebih banyak untuk menjadi manusia terdidik. Agar sistem pendidikan efektif, maka tidak memadai
                       apabila dipakai sumber belajar yang berupa guru, buku, alat audio visual, dan lain-lain. Mulai
                       dirasakan perlu adanya cara baru dalam mengkomunikasikan segala pengetahuan dan pesan,
                       baik secara verbal maupun nonverbal. Alat tidak lagi merupakan hasil pengetahuan manusia,
                       tetapi juga sarana untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan khusus, di samping
                       untuk mengembangkan terus pengetahuan, keterampilan, dan teknik baru. Di samping itu mulai
                       disadari  bahwa standarisasi  pada  masukan belum dapat menjamin  hasil  yang baik, kiranya
                       diperlukan adanya standarisasi dalam proses dengan jalan lebih memprogram proses itu sendiri.
                       Dalam  hubungan  ini  sumber belajar  tertentu  khusus  dipersiapkan  untuk dapat dipakai  oleh

                       peserta didik dalam kegiatan instruksional secara langsung. Sumber ini lazim berupa media yang
                       dipersiapkan secara khusus oleh kelompok guru- media yang berinteraksi dengan peserta didik
                       secara tidak langsung, yaitu melalui media. Guru dan guru media ini saling berinteraksi dengan
                       peserta didik berdasarkan satu tanggung jawab bersama. Pola instruksional yang demikian ini
                       dapat digambarkan sebagai berikut.
















                                                  Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran  45
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56