Page 50 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 50

Bagan Pola Komunikasi dalam Pembelajaran secara Kelompok
















                                    (Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)

                Berikut ini adalah hal-hal penting yang berhubungan dengan kedua pola tersebut.
                1)   Buzz sessions (diskusi singkat) adalah kemampuan yang diperoleh peserta didik untuk didiskusikan
                    singkat sambil jalan. Sumber belajar yang digunakan adalah materi yang digunakan sebelumnya.
                2)   Controllet discussion (diskusi di bawah kontrol guru), sumber belajarnya antara lain adalah bab
                    dari suatu buku, materi dari program audio visual, atau masalah dalam praktik laboratorium
                3)   Tutorial adalah belajar dengan guru pembimbing, sumber belajarnya adalah masalah yang ditemui
                    dalam belajar, harian; bentuknya dapat bab dari buku, topik masalah, dan tujuan instruksional
                    tertentu.
                4)   Team project (tim proyek) adalah suatu pendekatan kerja sama antaranggota kelompok mengenai
                    suatu proyek oleh tim.

                5)   Simulasi, yaitu presentasi untuk menggambarkan keadaan yang sesungguhnya.
                6)   Micro teaching, yaitu proyek pembelajaran yang direkam dengan video.
                7)   Self helf group atau kelompok swamandiri.


            4.   Pola-Pola Instruksional

                a.   Pola Instruksional Tradisional
                    Pembelajaran tradisional  pada  umumnya guru memunyai  kedudukan sebagai  satu-satunya
                    sumber belajar dalam sistem instruksional. Guru memegang kontrol dan kendali sepenuhnya
                    dalam menetapkan isi dan metode belajar, bahkan kadang-kadang juga dalam menilai kemajuan
                    belajar mahasiswa. Pola instruksional ini dapat disebut dengan diagram berikut.


                                           Pola 1: Bagan Pola Instruksional Tradisional








                         (Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)


                b.   Pola Instruksional dengan Sumber Belajar Berupa Orang Dibantu Sumber Lain
                    Kecenderungan  standarisasi  masukan  pada  dasarnya beranggapan  bahwa adanya standar
                    tersebut  memunyai  nilai  ekonomis,  di  samping  juga dapat memperbaiki kontrol  atas proses




              44      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55