Page 50 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 50
Bagan Pola Komunikasi dalam Pembelajaran secara Kelompok
(Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)
Berikut ini adalah hal-hal penting yang berhubungan dengan kedua pola tersebut.
1) Buzz sessions (diskusi singkat) adalah kemampuan yang diperoleh peserta didik untuk didiskusikan
singkat sambil jalan. Sumber belajar yang digunakan adalah materi yang digunakan sebelumnya.
2) Controllet discussion (diskusi di bawah kontrol guru), sumber belajarnya antara lain adalah bab
dari suatu buku, materi dari program audio visual, atau masalah dalam praktik laboratorium
3) Tutorial adalah belajar dengan guru pembimbing, sumber belajarnya adalah masalah yang ditemui
dalam belajar, harian; bentuknya dapat bab dari buku, topik masalah, dan tujuan instruksional
tertentu.
4) Team project (tim proyek) adalah suatu pendekatan kerja sama antaranggota kelompok mengenai
suatu proyek oleh tim.
5) Simulasi, yaitu presentasi untuk menggambarkan keadaan yang sesungguhnya.
6) Micro teaching, yaitu proyek pembelajaran yang direkam dengan video.
7) Self helf group atau kelompok swamandiri.
4. Pola-Pola Instruksional
a. Pola Instruksional Tradisional
Pembelajaran tradisional pada umumnya guru memunyai kedudukan sebagai satu-satunya
sumber belajar dalam sistem instruksional. Guru memegang kontrol dan kendali sepenuhnya
dalam menetapkan isi dan metode belajar, bahkan kadang-kadang juga dalam menilai kemajuan
belajar mahasiswa. Pola instruksional ini dapat disebut dengan diagram berikut.
Pola 1: Bagan Pola Instruksional Tradisional
(Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)
b. Pola Instruksional dengan Sumber Belajar Berupa Orang Dibantu Sumber Lain
Kecenderungan standarisasi masukan pada dasarnya beranggapan bahwa adanya standar
tersebut memunyai nilai ekonomis, di samping juga dapat memperbaiki kontrol atas proses
44 Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk