Page 47 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 47
a. Meningkatkan produktivitas pendidikan, yaitu dengan jalan seperti berikut.
1) Mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik.
2) Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan
mengembangkan gairah peserta didik.
b. Memberikan kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individual dengan jalan seperti berikut.
1) Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional.
2) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuannya.
c. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan jalan seperti berikut.
1) Perencanaan program pembelajaran yang lebih sistematis.
2) Pengembangan bahan pelajaran yang dilandasi penelitian.
d. Lebih memantapkan pembelajaran dengan jalan seperti berikut.
1) Meningkatkan kemampuan manusia dalam penggunaan berbagai media komunikasi.
2) Penyajian data dan informasi secara lebih konkret.
e. Memungkinkan belajar secara seketika, karena hal-hal berikut.
1) Mengurangi jurang pemisah antara pelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas
yang sifatnya konkret.
2) Memberikan pengetahuan yang bersifat langsung.
f. Memungkinkan penyajian pendidikan yang lebih luas, terutama dengan adanya media massa, dengan
jalan seperti berikut.
1) Pemanfaatan secara bersama lebih luas tenaga atau kejadian yang langka.
2) Penyajian informasi yang mampu menembus geografis.
3. Peranan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran
Sumber belajar memunyai peran yang sangat erat dengan pembelajaran yang dilakukan, adapun
peranan tersebut dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.
a. Peranan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Individual
Pola komunikasi dalam belajar individual sangat dipengaruhi oleh peranan sumber belajar yang
dimanfaatkan dalam proses belajar. Titik berat pembelajaran individual adalah pada peserta didik,
sedang guru memunyai peranan sebagai penunjang atau fasilitator, sehingga peranan sumber
belajar sangat penting. Pola komunikasi dalam pembelajaran individual adalah sebagai berikut.
Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran 41