Page 52 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 52
Pola 3: Bagan Pola Instruksional dengan Sumber Belajar Berupa Orang (Guru)
Bekerja Sama dengan Sumber Lain
(Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)
d. Pola Instruksional dengan Belajar Mandiri
Meningkatnya kebutuhan, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif, semakin dirasakan
terbatasnya sumber belajar yang berupa guru. Di samping meningkatnya tuntutan profesional
terhadap guru, juga berkembangnya lapangan kerja baru yang memberikan jaminan hidup
yang lebih baik, akan membatasi jumlah guru yang baik. Memperbanyak guru yang baik tidak
mungkin dapat dilaksanakan secara fisik, tetapi masih dimungkinkan memperbanyak karyanya
berupa berbagai media instruksional. Guru yang baik dapat ditugaskan untuk mempersiapkan
bahan pembelajaran yang lengkap secara sistematis dan terprogram dalam bentuk modul atau
paket untuk keperluan belajar mandiri lainnya. Apabila peserta didik sudah memunyai disiplin
yang tinggi, latar belakang pengalaman cukup luas, dan pola berpikir sudah lebih matang, maka
interaksi langsung antarpeserta didik dengan media yang dipersiapkan oleh guru ahli, dapat
berjalan tanpa intervensi guru kelas. Dengan demikian, kehadiran guru dapat sepenuhnya
digantikan oleh sumber belajar yang diciptakannya. Media semacam ini disebut guru-media. Pola
instruksional ini dapat digambarkan sebagai berikut.
Pola 4: Bagan Pola Instruksional dengan Belajar Mandiri
(Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)
Agar dapat gambaran yang jelas, pola-pola instruksional tersebut di atas dapat dijelaskan sebagai
berikut.
a. Dalam Pola 1, sumber belajar hanya berupa orang saja. Guru kelas memegang kendali yang
penuh atas terjadinya pembelajaran.
b. Dalam pola 2, sumber belajar berupa orang dibantu oleh sumber lain. Meskipun demikian
dalam pola ini guru kelas masih memegang kendali, hanya saja tidak mutlak, karena dibantu
oleh sumber lain. Dalam pola ini sumber belajar berfungsi sebagai alat bantu.
46 Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk