Page 52 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 52

Pola 3: Bagan Pola Instruksional dengan Sumber Belajar Berupa Orang (Guru)
                                             Bekerja Sama dengan Sumber Lain














                                    (Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)

                d.   Pola Instruksional dengan Belajar Mandiri
                    Meningkatnya kebutuhan, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif, semakin dirasakan
                    terbatasnya sumber belajar yang berupa guru. Di samping meningkatnya tuntutan profesional
                    terhadap guru, juga berkembangnya lapangan kerja  baru yang memberikan jaminan  hidup
                    yang lebih baik, akan membatasi jumlah guru yang baik. Memperbanyak guru yang baik tidak
                    mungkin dapat dilaksanakan secara fisik, tetapi masih dimungkinkan memperbanyak karyanya
                    berupa berbagai media instruksional. Guru yang baik dapat ditugaskan untuk mempersiapkan
                    bahan pembelajaran yang lengkap secara sistematis dan terprogram dalam bentuk modul atau
                    paket untuk keperluan belajar mandiri lainnya. Apabila peserta didik sudah memunyai disiplin
                    yang tinggi, latar belakang pengalaman cukup luas, dan pola berpikir sudah lebih matang, maka
                    interaksi  langsung  antarpeserta didik  dengan  media  yang dipersiapkan  oleh  guru  ahli,  dapat

                    berjalan  tanpa intervensi  guru kelas.  Dengan  demikian, kehadiran  guru dapat sepenuhnya
                    digantikan oleh sumber belajar yang diciptakannya. Media semacam ini disebut guru-media. Pola
                    instruksional ini dapat digambarkan sebagai berikut.


                                      Pola 4: Bagan Pola Instruksional dengan Belajar Mandiri











                              (Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)

                    Agar dapat gambaran yang jelas, pola-pola instruksional tersebut di atas dapat dijelaskan sebagai
                    berikut.
                    a.   Dalam Pola 1, sumber belajar hanya berupa orang saja. Guru kelas memegang kendali yang
                        penuh atas terjadinya pembelajaran.
                    b.   Dalam pola 2, sumber belajar berupa orang dibantu oleh sumber lain. Meskipun demikian
                        dalam pola ini guru kelas masih memegang kendali, hanya saja tidak mutlak, karena dibantu
                        oleh sumber lain. Dalam pola ini sumber belajar berfungsi sebagai alat bantu.








              46      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57