Page 53 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 53

c.   Dalam pola 3,  sumber belajar berupa orang bekerja sama dengan sumber belajar lain
                           berdasarkan suatu pembagian tanggung jawab. Dalam hal  ini  kontrol terhadap kegiatan
                           pembelajaran di bagi bersama antara sumber manusia dan sumber lain. Sumber lain tersebut
                           merupakan bagian integral dari seluruh kegiatan belajar.
                       d.   Dalam pola 4, peserta didik belajar hanya dari satu sumber yang bukan manusia.

               5.   Kualitas dan Hasil Pembelajaran
                      Dalam batas-batas tertentu manusia dapat belajar dengan sendiri dan mandiri tanpa bantuan
                   orang lain, namun dalam batas-batas tertentu manusia dalam belajar memerlukan bantuan pihak

                   lain. Hadirnya orang lain dalam pembelajaran dimaksudkan agar belajar menjadi lebih mudah, lebih
                   efektif, lebih efisien, dan mengarah pada tujuan. Upaya inilah yang dimaksud dengan pembelajaran.
                   Pembelajaran yang baik belum dapat menjamin baiknya prestasi belajar, masih ada faktor lain yang
                   dapat memengaruhi kualitas hasil belajar, di antaranya adalah peserta didik itu sendiri. Hakekatnya,
                   pembelajaran secara umum dilukiskan sebagai upaya yang tujuannya adalah membantu orang belajar.
                   Peristiwa pembelajaran terjadi apabila peserta didik secara aktif berinteraksi dengan sumber belajar
                   yang  diatur  oleh  guru.  Dalam  interaksi  pembelajaran  tersebut,  setiap  peserta  didik  diperlakukan
                   sebagai manusia yang bermartabat, yang minat dan potensinya perlu diwujudkan secara optimal.
                      Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang dilakukan yaitu strategi
                   pengorganisasian pembelajaran makro dan mikro, strategi penyampaian pembelajaran, serta strategi
                   pengelolaan  pembelajaran  di  bawah  kondisi  yang  ada,  yaitu  karakteristik  tujuan,  karakteristik  isi,
                   kendala, dan karakteristik peserta didik. Hasil pembelajaran adalah semua efek yang dapat dijadikan
                   sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan suatu metode di bawah kondisi yang berbeda. Efek
                   ini dapat berupa efek yang disengaja dirancang oleh sebab itu merupakan efek yang diinginkan, dan

                   juga berupa efek nyata sebagai hasil penggunaan metode pembelajaran tertentu.
                      Bila acuan pembelajaran adalah pada efek atau hasil pembelajaran yang diinginkan, maka hasil
                   ini  harus ditetapkan  lebih  dahulu  sebelum menetapkan  metode  pembelajaran.  Langkah  ini  akan
                   terbalik, apabila acuan pembelajaran adalah pada efek atau hasil pembelajaran yang nyata (actual)
                   maka metode pembelajaran yang akan dipakai ditetapkan lebih dahulu, selanjutnya mengamati hasil
                   pembelajaran sebagai akibat dari penggunaan  metode di  bawah kondisi  pembelajaran yang ada.
                   Pada tingkat yang amat umum sekali, hasil pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu
                   keefektifan (effectivenees), efisiensi (efficiency), dan daya tarik (appeal). Penjelasan untuk hasil-hasil
                   pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut.


                   1.  Keefektifan Pembelajaran
                       Keefektifan  pembelajaran  biasanya  diukur  dengan  tingkat  pencapaian  si-belajar.  Ada  empat
                       aspek  penting  yang  dapat  dipakai  untuk  mempreskripsikan  keefektifan  pembelajaran.  Empat
                       aspek tersebut adalah sebagai berikut.
                       a.  Kecermatan penguasaan perilaku yang dipelajari atau sering disebut tingkat kesalahan.
                       b.  Kecepatan unjuk kerja.
                       c.  Tingkat alih belajar.
                       d.  Tingkat retensi dari apa yang dipelajari.







                                                  Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran  47
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58