Page 49 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 49

Bagan Pola Komunikasi dalam Pembelajaran Klasikal



















                                       (Sumber: http://karwono.wordpress.com/2007/11/09/seminar-sumber-belajar/)



                           Pemanfaatan sumber belajar selain guru, sangat selektif dan sangat ketat di bawah petunjuk
                       dan kontrol guru. Di samping itu, guru sering memaksakan penggunaan sumber belajar yang
                       kurang relevan dengan ciri-ciri peserta didik dan tujuan belajar. Hal ini terjadi karena sumber
                       belajar yang tersedia terbatas. Keterbatasan penggunaan sumber belajar terjadi karena metode
                       pembelajaran yang utama hanyalah  metode  ceramah.  Perhatian  yang  penuh  dalam  belajar
                       dengan metode ceramah makin lama makin menurun drastis. Misalnya, dalam 50 menit belajar,
                       maka  pada  awal  belajar  perhatian  penuhnya  berkisar  antara  12-15  menit,  kemudian  makin
                       mendekati akhir pelajaran turun menjadi 3-5 menit.

                           Diketahui  bahwa 75% pengetahuan  diperoleh  melalui  indera penglihatan, 13% indera
                       pendengaran, 6% indera sentuhan dan rabaan, dan 6% indera penciuman dan lidah. Sedangkan
                       kemampuan manusia  dalam menyimpan pesan adalah  verbal (tulisan)  20%,  audio  saja 10%,
                       visual saja 20%, audio visual 50%. Tetapi untuk proses belajar dengan metode tertentu, hasilnya
                       adalah seperti berikut.
                       1)   Membaca saja, maka pengetahuan yang mengendap hanya 10%.
                       2)   Mendengarkan saja, maka pengetahuan yang mengendap hanya 20%.
                       3)   Melihat saja, maka pengetahuan yang mengendap dapat 50%.
                       4)   Mengungkapkan sendiri, maka pengetahuan yang mengendap dapat 80%.
                       5)   Mengungkapkan sendiri dan  mengulang pada  kesempatan lain,  maka pengetahuan  yang
                           mengendap dapat 90%.

                       Dari penjelasan  tersebut,  maka guru harus pandai  memilih  dan  mengkombinasikan  metode
                       pembelajaran dengan belajar yang ada.


                   c.   Peranan Sumber Belajar dalam Belajar Kelompok
                       Pola komunikasi dalam belajar kelompok menyajikan dua pola komunikasi yang secara umum
                       ditetapkan dalam  belajar,  yaitu  pola  yang dikontrol  oleh guru dan  pola  yang dikontrol  oleh
                       anggota kelompok.










                                                  Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran  43
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54