Page 46 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 46

sumber belajar cetak adalah buku, komik, majalah, koran. Dengan lahirnya sumber belajar cetak
                    ini, maka isi pembelajaran dapat diperbanyak dengan cepat dan disebarkan ke berbagai pihak
                    dengan mudah, sehingga merupakan kejutan baru dalam sistem instruksional pada saat itu.


                d.   Sumber Belajar yang Berasal dari Teknologi Komunikasi
                    Dengan diketemukannya berbagai alat dan bahan (hardware dan software) pada abad ke-17,
                    efeknya sangat besar terhadap sistem pendidikan secara keseluruhan. Setelah itu, timbul istilah
                    teknologi dalam pendidikan yang pada akhir perang dunia kedua mulai berubah menjadi ilmu
                    baru yang disebut teknologi pendidikan dan teknologi instruksional. Pengertian teknologi dalam
                    pendidikan populer dengan istilah audio visual, yakni pemanfaatan bahan-bahan audio visual
                    dan berbentuk kombinasi lainnya dalam sistem pendidikan.

                    Pada akhir perang dunia kedua mulai timbul suatu kecenderungan baru dalam bidang audiovisual
                    ke arah dua kerangka konseptual baru yang paralel, yaitu teori komunikasi dan konsep sistem.
                    Karena  pengaruh-pengaruh  ilmu  sosial  seperti  psikologi,  sosiologi,  komunikasi,  teori belajar,
                    maka  cara  mendesain  sumber  belajar  lebih  terarah,  lebih  spesifik,  dan  disesuaikan  dengan

                    karakteristik  peserta  didik.  Sumber  belajar  seperti  ini  lebih  populer  dengan  istilah  media
                    instruksional. Misalnya, program televisi pendidikan, program radio pendidikan, film pendidikan,
                    slide pendidikan, komputer pendidikan, dan lain-lain. Keempat perkembangan sejarah sumber
                    belajar ini disebut sebagai empat perkembangan keajaiban yang terjadi dalam dunia pendidikan
                    sehingga dianggap sebagai revolusi pendidikan.


                f.   Sumber Belajar yang Didesain dan Dimanfaatkan
                    Sumber belajar yang didesain untuk keperluan belajar telah banyak dikenal orang. Namun demikan
                    tidak  semua  sumber  didesain  untuk  keperluan  pendidikan.  Ada  kesangsian  apakah  fasilitas
                    yang ada dalam masyarakat, misalnya museum, semuanya itu didesain khusus terutama untuk
                    pembelajaran  peserta didik  sekolah  dalam  bidang  yang sesuai  dengan  kurikulum?  Kenyataan
                    bahwa sumber-sumber ini dimanfaatkan untuk membantu belajar manusia, membuat semuanya
                    itu menjadi sumber belajar.

                    Kelompok  yang  kedua,  sumber  yang  dimanfaatkan,  sama  pentingnya  dengan  sumber  belajar
                    yang didesain. Beberapa sumber dapat dimanfaatkan untuk memberikan fasilitas belajar karena

                    memang sumber itu khusus didesain untuk keperluan belajar. Inilah yang disebut bahan atau
                    sumber instruksional. Sumber yang lain, ada sebagian dari kenyataan yang dapat dijumpai dalam
                    kehidupan sehari-hari, dapat ditemukan, diaplikasikan, dan digunakan untuk keperluan belajar.
                    Inilah  yang disebut  sebagai  sumber belajar  dari  dunia  nyata.  Jadi,  sebagian  sumber menjadi
                    sumber belajar karena didesain untuk itu, sedangkan yang lainnya menjadi sumber belajar karena
                    dimanfaatkan.

            2.  Fungsi Sumber Belajar

                Agar sumber belajar yang ada dapat berfungsi dalam pembelajaran, maka sumber belajar harus dapat
                dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Fungsi sumber belajar adalah sebagai berikut.





              40      Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51