Page 46 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 46
sumber belajar cetak adalah buku, komik, majalah, koran. Dengan lahirnya sumber belajar cetak
ini, maka isi pembelajaran dapat diperbanyak dengan cepat dan disebarkan ke berbagai pihak
dengan mudah, sehingga merupakan kejutan baru dalam sistem instruksional pada saat itu.
d. Sumber Belajar yang Berasal dari Teknologi Komunikasi
Dengan diketemukannya berbagai alat dan bahan (hardware dan software) pada abad ke-17,
efeknya sangat besar terhadap sistem pendidikan secara keseluruhan. Setelah itu, timbul istilah
teknologi dalam pendidikan yang pada akhir perang dunia kedua mulai berubah menjadi ilmu
baru yang disebut teknologi pendidikan dan teknologi instruksional. Pengertian teknologi dalam
pendidikan populer dengan istilah audio visual, yakni pemanfaatan bahan-bahan audio visual
dan berbentuk kombinasi lainnya dalam sistem pendidikan.
Pada akhir perang dunia kedua mulai timbul suatu kecenderungan baru dalam bidang audiovisual
ke arah dua kerangka konseptual baru yang paralel, yaitu teori komunikasi dan konsep sistem.
Karena pengaruh-pengaruh ilmu sosial seperti psikologi, sosiologi, komunikasi, teori belajar,
maka cara mendesain sumber belajar lebih terarah, lebih spesifik, dan disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik. Sumber belajar seperti ini lebih populer dengan istilah media
instruksional. Misalnya, program televisi pendidikan, program radio pendidikan, film pendidikan,
slide pendidikan, komputer pendidikan, dan lain-lain. Keempat perkembangan sejarah sumber
belajar ini disebut sebagai empat perkembangan keajaiban yang terjadi dalam dunia pendidikan
sehingga dianggap sebagai revolusi pendidikan.
f. Sumber Belajar yang Didesain dan Dimanfaatkan
Sumber belajar yang didesain untuk keperluan belajar telah banyak dikenal orang. Namun demikan
tidak semua sumber didesain untuk keperluan pendidikan. Ada kesangsian apakah fasilitas
yang ada dalam masyarakat, misalnya museum, semuanya itu didesain khusus terutama untuk
pembelajaran peserta didik sekolah dalam bidang yang sesuai dengan kurikulum? Kenyataan
bahwa sumber-sumber ini dimanfaatkan untuk membantu belajar manusia, membuat semuanya
itu menjadi sumber belajar.
Kelompok yang kedua, sumber yang dimanfaatkan, sama pentingnya dengan sumber belajar
yang didesain. Beberapa sumber dapat dimanfaatkan untuk memberikan fasilitas belajar karena
memang sumber itu khusus didesain untuk keperluan belajar. Inilah yang disebut bahan atau
sumber instruksional. Sumber yang lain, ada sebagian dari kenyataan yang dapat dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari, dapat ditemukan, diaplikasikan, dan digunakan untuk keperluan belajar.
Inilah yang disebut sebagai sumber belajar dari dunia nyata. Jadi, sebagian sumber menjadi
sumber belajar karena didesain untuk itu, sedangkan yang lainnya menjadi sumber belajar karena
dimanfaatkan.
2. Fungsi Sumber Belajar
Agar sumber belajar yang ada dapat berfungsi dalam pembelajaran, maka sumber belajar harus dapat
dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Fungsi sumber belajar adalah sebagai berikut.
40 Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk