Page 41 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 41
Dengan batasan-batasan dan ciri-ciri umum tersebut media pengajaran berupa hardware dan software,
dan dapat dilihat serta didengar, serta juga dapat membantu guru untuk memperlancar dalam proses
belajar-mengajar sehingga terjadi komunikasi dan interaksi edukatif. Media pengajaran juga membantu
mempermudah siswa dalam memahami pesan yang disampaikan oleh guru.
Ada beberapa jenis media pengajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar-mengajar, antara
lain adalah sebagai berikut.
1. Media Grafis
Media grafis adalah media visual. Dalam media ini, pesan yang akan disampaikan dapat dituangkan
dalam bentuk simbol. Oleh karena itu, simbol-simbol yang digunakan perlu dipahami benar artinya,
agar dalam penyampaian materi dalam proses belajar-mengajar dapat berhasil secara efektif dan
efisien.
Media grafis berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau
menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan apabila tidak digrafiskan, misalnya pelaksanaan
sholat atau tentang konsep sifat wajib, mustahil bagi Allah, dan konsep lainnya.
Media grafis selain sederhana dan mudah pembuatannya, media grafis juga termasuk media yang
relatif murah ditinjau dari segi biayanya. Adapun jenis-jenis media grafis, antara lain adalah sebagai
berikut.
a. Gambar/Foto
Media gambar adalah media yang paling umum dipakai. Gambar/foto merupakan bahasa
yang umum yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana, sebagaimana pepatah Cina
mengatakan “sebuah gambar berbicara lebih banyak daripada seribu bahasa”. Dalam penggunaan
media pembelajaran ini, gambarnya harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.
b. Sketsa
Sketsa adalah gambar yang sederhana, atau draf kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya
tanpa detil. Karena setiap orang yang normal dapat diajar menggambar, maka setiap guru yang
baik haruslah dapat menuangkan ide-idenya dalam bentuk sketsa. Sketsa, selain dapat menarik
perhatian siswa, menghindari verbalisme, dan dapat memperjelas penyampaian pesan, harganya
pun tak perlu dipersoalkan karena media dibuat guru langsung.
c. Diagram
Diagram adalah suatu gambar sederhana yang dirancang untuk menggambarkan hubungan timbal
balik, yang menggunakan garis-garis dan simbol-simbol. Diagram biasanya menggambarkan struktur
dari objeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antarkomponennya atau sifat-sifat
proses yang ada di situ.
d. Bagan
Bagan seperti halnya media grafis yang lain yaitu termasuk media visual. Fungsinya yang pokok
adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila disampaikan secara tertulis
atau lisan secara visual. Bagan juga mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari
suatu presentasi. Pesan yang disampaikan biasanya berupa ringkasan visual suatu proses,
perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran 35