Page 41 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 41

Dengan batasan-batasan dan ciri-ciri umum tersebut media pengajaran berupa hardware dan software,
               dan dapat dilihat serta didengar, serta juga dapat membantu guru untuk memperlancar dalam proses
               belajar-mengajar sehingga terjadi komunikasi dan interaksi edukatif. Media pengajaran juga membantu
               mempermudah siswa dalam memahami pesan yang disampaikan oleh guru.
                   Ada beberapa jenis media pengajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar-mengajar, antara
               lain adalah sebagai berikut.
               1.   Media Grafis
                   Media grafis adalah media visual. Dalam media ini, pesan yang akan disampaikan dapat dituangkan

                   dalam bentuk simbol. Oleh karena itu, simbol-simbol yang digunakan perlu dipahami benar artinya,
                   agar dalam penyampaian materi dalam proses belajar-mengajar dapat berhasil secara efektif dan
                   efisien.

                   Media  grafis  berfungsi  untuk  menarik  perhatian,  memperjelas  sajian  ide,  mengilustrasikan  atau
                   menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan apabila tidak digrafiskan, misalnya pelaksanaan
                   sholat atau tentang konsep sifat wajib, mustahil bagi Allah, dan konsep lainnya.

                   Media grafis selain sederhana dan mudah pembuatannya, media grafis juga termasuk media yang
                   relatif murah ditinjau dari segi biayanya. Adapun jenis-jenis media grafis, antara lain adalah sebagai
                   berikut.


                   a.   Gambar/Foto
                       Media  gambar adalah  media  yang  paling  umum  dipakai.  Gambar/foto  merupakan  bahasa
                       yang umum yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana, sebagaimana pepatah Cina
                       mengatakan “sebuah gambar berbicara lebih banyak daripada seribu bahasa”. Dalam penggunaan
                       media pembelajaran ini, gambarnya harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

                   b.   Sketsa
                       Sketsa adalah gambar yang sederhana, atau draf kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya
                       tanpa detil. Karena setiap orang yang normal dapat diajar menggambar, maka setiap guru yang
                       baik haruslah dapat menuangkan ide-idenya dalam bentuk sketsa. Sketsa, selain dapat menarik
                       perhatian siswa, menghindari verbalisme, dan dapat memperjelas penyampaian pesan, harganya
                       pun tak perlu dipersoalkan karena media dibuat guru langsung.

                   c.   Diagram
                       Diagram adalah suatu gambar sederhana yang dirancang untuk menggambarkan hubungan timbal
                       balik, yang menggunakan garis-garis dan simbol-simbol. Diagram biasanya menggambarkan struktur
                       dari objeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antarkomponennya atau sifat-sifat
                       proses yang ada di situ.

                   d.   Bagan
                       Bagan seperti halnya media grafis yang lain yaitu termasuk media visual. Fungsinya yang pokok
                       adalah  menyajikan ide-ide  atau konsep-konsep  yang sulit  bila    disampaikan secara tertulis
                       atau  lisan  secara  visual.  Bagan  juga  mampu  memberikan  ringkasan  butir-butir  penting  dari
                       suatu  presentasi.  Pesan yang disampaikan  biasanya berupa  ringkasan  visual  suatu  proses,
                       perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.




                                                  Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran  35
   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46