Page 43 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 43
Dalam memilih media pembelajaran sebaiknya memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut.
1. Ketepatannya dengan tujuan pembelajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah
ditetepkan.
2. Dukungan terhadap isi bahan pelajaran, bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep. dan
generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami.
3. Media yang diperlukan mudah diperoleh, setidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar.
4. Guru mampu menggunakannya dengan baik dalam proses belajar-mengajar.
5. Tersedia waktu untuk menggunakannya.
6. Memilih media pembelajaran sesuai dengan taraf berpikir siswa sehingga makna yang terkandung di
dalamnya dapat dipahami oleh siswa.
Dengan kriteria pemilihan media tersebut, guru akan lebih mudah menggunakan media mana yang
dianggap tepat untuk membantu dalam proses belajar-mengajar sehingga dengan adanya media yang
tepat dapat melaksanakan proses belajar-mengajar dengan efektif dan efisien.
Secara umum media pengajaran memunyai fungsi sebagai berikut.
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas, sehingga mempermudah siswa
dalam memahami pesan tersebut.
2. Mengatasi keterbatasan ruang waktu dan daya indera.
3. Menarik perhatian siswa dalam proses belajar-mengajar.
4. Menimbulkan gairah belajar pada siswa.
5. Memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan
kenyataan.
6. Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
7. Mempersamakan pengalaman dan persepsi antarsiswa dalam menerima pesan.
Berdasarkan batasan-batasan mengenai batasan media tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
media pengajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan
dari pengirim pesan atau guru kepada penerima pesan (siswa) dan dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga terjadi proses belajar-mengajar yang mempermudah
siswa dalam memahami pesan.
Manfaat dari penggunaan media dalam proses belajar-mengajar adalah sebagai berikut.
1. Meletakkan dasar-dasar yang konkret dalam berpikir dan mengurangi verbalisme.
2. Memperbesar perhatian siswa dalam proses belajar-mengajar.
3. Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan proses belajar-mengajar dan membuat
pelajaran yang mantap.
4. Menumbuhkan pemikiran yang teratur, lentur, dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup,
membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
5. Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu efisiensi dan
keragaman yang lebih banyak dalam belajar.
Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran 37