Page 43 - Strategi Belajar Berorientasi Kecerdasan Majemuk
P. 43

Dalam memilih media pembelajaran sebaiknya memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut.
               1.  Ketepatannya dengan tujuan pembelajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah
                   ditetepkan.
               2.  Dukungan terhadap isi bahan pelajaran, bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep. dan
                   generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami.

               3.  Media yang diperlukan mudah diperoleh, setidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar.
               4.  Guru mampu menggunakannya dengan baik dalam proses belajar-mengajar.
               5.  Tersedia waktu untuk menggunakannya.

               6.  Memilih media pembelajaran sesuai dengan taraf berpikir siswa sehingga makna yang terkandung di
                   dalamnya dapat dipahami oleh siswa.

                   Dengan kriteria pemilihan media tersebut, guru akan lebih mudah menggunakan media mana yang
               dianggap tepat untuk membantu dalam proses belajar-mengajar sehingga dengan adanya media yang
               tepat dapat melaksanakan proses belajar-mengajar dengan efektif dan efisien.

                   Secara umum media pengajaran memunyai fungsi sebagai berikut.
               1.  Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas, sehingga mempermudah siswa
                   dalam memahami pesan tersebut.
               2.  Mengatasi keterbatasan ruang waktu dan daya indera.

               3.  Menarik perhatian siswa dalam proses belajar-mengajar.
               4.  Menimbulkan gairah belajar pada siswa.
               5.  Memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan
                   kenyataan.

               6.  Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
               7.  Mempersamakan pengalaman dan persepsi antarsiswa dalam menerima pesan.



                   Berdasarkan  batasan-batasan  mengenai  batasan  media tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
               media pengajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan
               dari pengirim pesan atau guru kepada penerima pesan (siswa) dan dapat merangsang pikiran, perasaan,
               perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga terjadi proses belajar-mengajar yang mempermudah
               siswa dalam memahami pesan.
                   Manfaat dari penggunaan media dalam proses belajar-mengajar adalah sebagai berikut.
               1.  Meletakkan dasar-dasar yang konkret dalam berpikir dan mengurangi verbalisme.
               2.  Memperbesar perhatian siswa dalam proses belajar-mengajar.

               3.  Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan proses belajar-mengajar dan membuat
                   pelajaran yang mantap.
               4.  Menumbuhkan  pemikiran  yang  teratur,  lentur,  dan  kontinyu,  terutama  melalui  gambar  hidup,

                   membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
               5.  Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu efisiensi dan
                   keragaman yang lebih banyak dalam belajar.





                                                  Bab 4 Mengembangkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran  37
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48